TIME MANAGEMENT
"Remember that time is money" Bejamin Franklin 1748
Waktu merupakan hal yang sangat penting karena waktu terus berjalan tanpa
henti, waktu tidak dapat ditambah maupun disimpan dan perhitungan waktu tidak
dapat di ubah. contohya: 24 jam = 1 hari, 7 hari = 1minggu, 4 minggu = 1 bulan dan
seterusnya. Semua itu Allah ciptakan dengan benar tanpa ada yang sia-sia. Firman
Allah SWT:
هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السّنِيْنَ وَالحِْسَابَ مَا خَلَقَ اللهُ ذَلِكَ إِلاَّ بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الأيَاَتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ5
Artinya: "Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan
bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan
bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah
tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan
tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui." (Yunus 10:5)
Maka dari itu kita harus bisa mengatur waktu secara
efektif agar hidup kita lebih bermakna baik dunia maupun akhirat. Mungkin anda bertanya apa sebenarnya menejemen waktu itu? Manajemen waktu merupakan teknik yang bertujuan
untuk meningkatkan efektifitas waktu seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Dan inti dari manajemen waktu adalah bagaimana kita melakukan perubahan kearah yang lebih baik dengan kita menghabiskan waktu yang
tersedia.
Sering kali kita tidak bisa atau lupa untuk mengatur waktu dengan efisien sehingga kita timbul stress yang berkepanjangan karena waktu yang mepet.
Berikut
tips meluruskan pandangan terhadap waktu diantaranya:
1. Yakini
bahwa waktu yang tersedia tidak akan mungkin cukup untuk menyelesaikan segala
kegiatan yang ingin kita laksanakan. Oleh karena itu kita tentukanlah hal-hal
penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
2. Sediakanlah
75
% waktu untuk hal penting
20
% waktu untuk hal setengah penting
5
% waktu untuk hal kurang penting
5. Susunlah jadwal pekerjaan yang akan dilakukan sesuai dengan tingkatan
4. Cek lagi daftar pekerjaan kita dengan seksama
6. Jangan menunda pekerjaan yang telah terjadwal
5. Susunlah jadwal pekerjaan yang akan dilakukan sesuai dengan tingkatan
4. Cek lagi daftar pekerjaan kita dengan seksama
6. Jangan menunda pekerjaan yang telah terjadwal
3. Gunakanlah
waktu istirahat secara optimal
7. Alokasikan waktu 1 jam tenang agar anda dapat berpikir dan istirahat
8. Melakukan evaluasi hasil dan prestasi yang telah didapat setelah kita mengerjakan pekerjaan
Kutipan (Robert W. Braid)
“Masalah
kita bukan pada manajemen waktu, tetapi pada manajemen diri kita berdasarkan
waktu”
“Masalah
bukan pada waktu, tetapi pada bagaimana kita memanfaatkan waktu”
“Apabila
anda tidak mampu mengatakan “TIDAK” pada permulaan, maka kamu akan menyadari
bahwa pernyataan “YA” tanpa kemampuan lebih
buruk dari ucapan “TIDAK” pada permulaan”
Cara dan sikap yang membantu dalam mengelola waktu secara efektif:
Cara dan sikap yang membantu dalam mengelola waktu secara efektif:
A. To
do list (buat daftar tugas)
Untuk meningkatkan efisiensi, buat prioriats kegiatan sesuai dengan empat kategori:
# Penting dan mendesak
# Penting, tidak mendesak
# Tidak penting, mendesak
# Tidak penting, tidak mendesak
Untuk meningkatkan efisiensi, buat prioriats kegiatan sesuai dengan empat kategori:
# Penting dan mendesak
# Penting, tidak mendesak
# Tidak penting, mendesak
# Tidak penting, tidak mendesak
B. Goal
setting (tentukan tujuan)
Ada 3 Jenis tujuan yang dapat ditentukan
Rational goals: Tujuan yang spesifik untuk jangka pendek
Ada 3 Jenis tujuan yang dapat ditentukan
Rational goals: Tujuan yang spesifik untuk jangka pendek
Directional goals (Domain planning): Tujuan umum untuk jangka panjang
Muddling through: Apabila kondisi dan lingkungan sangat potensial untuk berubah
Muddling through: Apabila kondisi dan lingkungan sangat potensial untuk berubah
C. Proactive
(mempunyai persepsi)
Berinisiatif dan bertanggungjawab menjadikan segala sesuatunya terjadi dengan baik dan terarah atau kebebasan untuk memilih berdasarkan kesadaran diri, imajinasi, suara hati, dan kehendak bebas yang menurut kebanyakan orang baik.
D. Win
win opportunities (berpikir menang dan menang)
Berpikir menang-menang adalah kerangka pikiran dan hati yang terus menerus
mencari keuntungan bersama dalam semua interaksi manusia.Menang-menang merupakan solusi yang memberikan keuntungan berupa timbal balik yang baik
E. Understanding
other (wujudkan sinergi)
Wujudkan sinergi antara pikiran, jiwa, dan raga kita agar kita dapat mengatur waktu dengan mudah. Mengeri terlebih dahulu orang lain, baru kita dimengerti.
Wujudkan sinergi antara pikiran, jiwa, dan raga kita agar kita dapat mengatur waktu dengan mudah. Mengeri terlebih dahulu orang lain, baru kita dimengerti.
F. Improving
your self (pembaharuan diri)
Ubahlah diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.
Ubahlah diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan cara mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik.
Sumber:
Manajemen Waktu/ M. Ahmad Abdul Jawwad;Penerjemah, Khozin Abu Faqih, Nalus- Bandung Syaamil 2004
Paparam manajemen waktu dari Bpk. Kurniawan Yulianto
Gambar dari google image
Terima kasih telah membaca, semoga Bermanfaat... (^_^)
Jika menurut anda artikel ini memuaskan tolong bagikan yaaa
Apabila artikel ini tidak memuaskan komen ja...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar